Langkah Mudah Membersihkan Noda Aspal pada Bodi Mobil

Ketika Anda melajukan mobil dengan kecepatan tinggi, kerikil serta bahan pelapis aspal yang tak lagi rekat akan ‘terbawa’ kemudian tertempel pada bodi mobil. Kalau sudah begini, noda aspal akan muncul dan mungkin saja merusak cat mobil Anda saat Anda akan membersihkannya. Walaupun berdasarkan simulasi kredit Xpander harga mobil yang akan dibeli tidak terlalu mahal, tetapi tentunya akan sangat sayang bukan jika mengalami masalah ini.

Langkah Mudah Membersihkan Noda Aspal pada Bodi Mobil

Namun jangan khawatir, jika nanti Anda sudah memiliki mobil impian Anda dan ternyata hal ini terjadi, Anda bisa membersihkannya dengan cara di bawah ini.


·         Bersihkan Bodi Mobil Secara Menyeluruh Terlebih Dahulu

Langkah pertama untuk membersihkan noda aspal pada bodi mobil adalah mencuci mobil dengan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat kotoran, debu, maupun noda lain yang menempel pada bodi mobil terhapus semua.

Di samping itu, mencuci mobil dengan air terlebih dahulu juga akan Anda memudahkan Anda untuk menemukan bagian bodi mobil yang tertempel noda aspal. Selanjutnya, keringkan bodi mobil dengan kain mikrofiber atau lap halus secara menyeluruh. Hindarilah membersihkan noda aspal saat bodi mobil belum kering sepenuhnya, karena hal ini akan memicu risiko tergoresnya cat mobil.


·         Bersihkan Menggunakan Shampo Khusus Mobil

Langkah kedua untuk membersihkan noda aspal pada bodi mobil adalah memanfaatkan shampo khusus mobil. Jenis shampo ini paling layak digunakan karena komposisinya yang memiliki pH balance. Dengan begitu, noda percikan aspal dapat mudah terangkat.

Satu hal yang penting diingat, jangan menekan dan menggosok noda aspal pada bodi mobil dengan kuat. Sebab, tindakan ini bisa memicu goresan baru pada cat mobil Anda. Sebaliknya, cukup usap noda aspal secara merata dan perlahan, kemudian bilas menggunakan air, dan keringkan bagian mobil tersebut.


·         Bersihkan dengan Cairan Penetran

Selain sampo khusus mobil, Anda juga dapat menggunakan cairan penetran untuk menghilangkan noda aspal pada bodi mobil Anda. Para pencinta otomotif berpendapat cairan ini efektif untuk membersihkan karat yang membandel pada bodi mobil. Sehingga jika bekas aspal ternyata belum bisa terlepas ketika Anda menggunakan sampo mobil, cairan ini bisa membantu Anda membersihkannya.

Penggunaan cairan penetran cukup dengan menyemprotkannya ke bodi mobil yang terkena noda aspal. Diamkan selama beberapa saat agar cairan dapat meresap dengan sempurna. Baru setelah itu, Anda dapat mengusap noda aspal secara perlahan menggunakan kain berbahan lembut.


Itulah dia langkah mudah membersihkan noda aspal di bodi mobil. Selamat mencoba sendiri di rumah, ya!