Azithromycin, Benarkah Bisa Mengatasi Covid-19

Tidak dimungkiri bahwa upaya pembuatan vaksin dan pencarian obat yang efektif untuk penanganan Covid-19 terus dilakukan. Namun, dikarenakan virus tersebut adalah perkara yang baru, maka proses pencarian obat tersebut memerlukan jalan yang panjang. Oleh karenanya, kalangan peneliti juga turut mencari alternative yang bisa digunakan dengan lebih cepat. Salah satunya dengan azithromycin.

Sebagaimana diketahui, serangan virus Covid-19 bisa mengakibatkan peradangan pada paru dan kerusakan jaringan yang cenderung parah. Oleh karenanya, penggunaan azithromycin diterapkan karena obat ini bisa menstimulasi sistem pertahanan tubuh di mana nantinya tubuh akan menjadi lebih kuat untuk menghadapi serangan virus tersebut.

Namun, pertanyaannya, seberapa efektif penggunaan azithromycin dan adakah efek samping yang akan ditimbulkan?

Azithromycin, Benarkah Bisa Mengatasi Covid-19

Sekilas Tentang Azithromycin

Beberapa kalangan mungkin masih awam dengan obat yang satu ini. Memang, azithromycin bukan termasuk obat yang mudah didapatkan di warung sehingga wajar jika banyak masyarakat yang sebelumnya tidak memahami obat yang satu ini.

Azithromycin sebenarnya merupakan obat yang banyak digunakan dalam penanganan masalah infeksi bakteri tertentu, seperti pada radang paru-paru, gangguan bronkhitis, infeksi pada telinga, sakit tenggorokan hingga masalah organ reproduksi. Bahkan, azithromycin juga sering dijadikan salah satu obat untuk mengurangi masalah kesehatan pada penderita HIV.

Bisa dikatakan jika azithromycin diterapkan salah satunya untuk penanganan pada masalah pernapasan –hal yang banyak ditemukan pada penderita kasus Covid-19. Oleh karenanya, beberapa kalangan medis seakan memberikan rekomendasi penggunaan azithromycin sebagai salah satu alternative yang bisa digunakan sebelum nantinya obat Covid-19 serta vaksin yang ampuh selesai diproduksi.


Seberapa Efektif Azithromycin Untuk Penanganan Covid-19?

Meskipun ada kabar yang menyatakan tentang penggunaan azithromycin sebagai salah satu alternative obat penanganan Covid-19, tentu penting untuk menanyakan efektivitas dari obat ini. Ya, hal ini sangat penting agar nantinya masyarakat tidak salah sangka dengan penggunaannya.

Terkait obat ini, salah satu jurnal yang diterbitkan The Lancet mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada pasien Covid-19 yang diberikan obat azithromycin, terutama pada mereka yang memiliki gejala yang cenderung berat. Selain itu, badan obat internasional juga belum memberikan izin yang resmi terkait penggunaan azithromycin sebagai penangana Covid-19.

Oleh karenanya, dengan beberapa penjelasan di atas, bisa dikatakan jika azithromycin sebenarnya tidak terlalu tepat untuk penanganan Covid-19. Terlebih, belum ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan bahwa obat ini memiliki manfaat yang positif untuk para penderita.


Apakah Ada Efek Samping dari Penggunaan Azithromycin?

Lalu, bagaimana dengan penderita Covid-19 yang telah menggunakan azithromycin sebagai obat penanganan alternative? Apakah ada efek samping yang akan ia dapatkan?

Terkait efek samping, dalam hal ini, ketua Department Farmakologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Colorado mengatakan jika ada kekhawatiran dampak kesehatan yang serius dalam penggunaan azithromycin sebagai alternative obat Covid-19. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa azithromycin harus mengalami uji klinis terstruktur terlebih dahulu sebelum dipastikan penggunaannya.

Perlu diketahui bahwa azithromycin sebenarnya merupakan obat keras yang tidak diedarkan dengan bebas. Konsumsi azithromycin akan memberikan beberapa efek samping pada tubuh, diantaranya adalah detak jantung yang tidak teratur, napas yang cenderung berat, kelelahan yang lebih berat, otot yang melemah dan lainnya.

Oleh karenanya, penggunaan azithromycin belum dianjurkan untuk penderita Covid-19 kecuali telah ada penelitian lebih lanjut yang menjelaskan manfaat dan fungsinya. Untuk pilihan obat lain terutama penanganan pada gejala ringan, Anda bisa mencoba mendapatkannya di Toko SehatQ. Selain mudah, ada penjelasan mengenai masing-masing obat sesuai peruntukannya.

Deskripsi: azithromycin dianggap sebagai salah satu obat alternative yang bisa digunakan untuk mengatasi Covid-19. Sayangnya, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.